Wednesday 6 February 2013

Harga Akan Naik drastis Di 2013


Ketua Umum Dewan Karet Indonesia Azis Pane mengatakan harga karet di pasaran internasional diprediksi akan mengalami kenaikan menjadi US$ 3,5 per kilogram di 2013. Saat ini harga karet dunia di kisaran harga US$ 2,3 – US$ 2,6 per kilogram.

“Awal tahun 2013 harga bisa menembus 3,5 dollar per kilogram,” kata Azis di Jakarta, Selasa, 21 Agustus 2012.

Azis mengatakan harga karet US$ 3,5 per kilogram bisa saja tercapai pada akhir 2012 ini. Terutama apabila suplai karet dari Indonesia dikurangi untuk pasar ekspor dunia. “Kalau US$ 3,5 bisa saja tercapai akhir tahun ini,” katanya.

Pembatasan ekspor yang disepakati tiga negara juga disebut Azis cukup efektif dalam meningkatkan harga karet. Soalnya, tiga negara yaitu Indonesia, Thailand, dan Malaysia merupakan negara penghasil karet terbesar dunia.

“Jadi nanti bisa naik, jadi sekarang kita tahan dulu barangnya sesuai hukum supply and demand,” kata Azis.

Meski begitu, Azis menyatakan produsen karet Indonesia harus tetap berhati-hati dalam menahan suplai karet dalam negeri. Sebab Thailand terindikasi tetap menjual hasil produksi karetnya secara diam-diam melalui perbatasan.

“Karena itu kami minta agar Thailand tidak lagi membuang karetnya lewat perbatasan, karena percuma saja dong pembatasan itu,” ujar Azis.

Azis menyatakan kebijakan pembatasan suplai karet ke pasar internasional oleh tiga negara cukup signifikan untuk menaikkan harga jual karet. ”Dengan adanya kebijakan (pembatasan suplai tiga negara) ini saya yakin harga karet Oktober nanti sudah bisa mulai naik, sekarang kan masih di kisaran US$ 2,6 per kilogram,” katanya.

0 komentar:

Post a Comment