Thursday 10 January 2013

Jurus-jurus Jitu Negosiasi Bisnis


Sebagian besar permasalahan bisnis di lapangan ternyata disebabkan oleh kurangnya pemahaman para pelaku bisnis akan arti penting negosiasi dan cara melakukannya dengan benar. Padahal, negosiasi kadang lebih menentukan ketimbang perjanjian hitam di atas putih, terutama di awal-awal memulai kerja sama. Bahkan tidak jarang pula negosiasi dilakukan tanpa persiapan. Akibatnya, ketika dilakukan, negosiasi hanya menjadi sia-sia dan kita jadi rugi waktu dan tenaga. Padahal, kerugian itu bisa dihindari apabila pelaku bisnis memposisikan negosiasi sebagai elemen krusial dalam menjalankan kerjasama bisnis.

Kemampuan bernegosiasi harus rajin-rajin diasah. Sebelum merumuskannya dalam bentuk klausul, Anda harus melakukan negosiasi yang berhasil, karena negosiasi yang berhasil merupakan ruh dari penyusunan kontrak.

Inti negosiasi adalah persiapan. Pandanglah negosiasi sebagai proses seni dan bersikaplah teliti. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam bernegosiasi, antara lain sebagai berikut.

1. Buatlah target capaian dari negosiasi yang akan Anda lakukan

Tentukan syarat minimum yang harus Anda peroleh, serta syarat maksimum yang akan Anda tawarkan. Pikirkan dan siapkan berbagai jalan alternatif solusi yang hendak Anda tawarkan, jangan hanya menyiapkan satu cara. Jika dalam negosiasi pertama itu tidak tercapai kata sepakat, lakukan cara ke dua.

2. Lakukan riset yang komprehensif

Pelajari dan ketahui keinginan pihak yang Anda ajak bernegosiasi. Pelajari juga kelemahan dan kekuatannya. Ketahui hingga ke bagian terselubung. Dalam riset tersebut, sebaiknya Anda bekerja sendiri dan tidak perlu meminta bantuan orang lain. Temui kebenarannya, dan jangan terpancing pada keterangan orang lain atau kesimpulan sesaat saja. Dapatkan bukti, dokumentasi, dan angka yang utuh. Negosiator ulung selalu melakukan riset untuk mengetahui karakter lawannya, yaitu latar belakangnya, kebiasaan, hobi, kesukaan, dll. Terbukti bahwa kebanyakan kontrak besar bisnis dimenangkan bukan di meja rapat, tapi di lapangan golf, kapal pesiar, atau restoran.

3. Bicarakan topik hanya sebatas masalah yang dinegosiasikan

Pisahkan ego dan kehidupan pribadi Anda. Jangan sampai masalah pribadi menghambat proses negosiasi yang sedang berjalan. Perusahaan besar biasanya mempunyai tim khusus negosiasi. Mereka menyadari arti pentingnya negosiasi, sehingga mereka menempatkan orang-orang yang tepat untuk melakukan pekerjaan penting ini. Dalam satu tim biasanya terdiri dari beberapa orang dengan keahlian berbeda-beda. Pemisahan tim negosiasi dari divisi lain dimaksudkan agar tidak terjadi konflik pribadi selama proses negosiasi.

4. Pikirkan tujuan utama negosiasi

Ingatlah hasil akhir yang kita inginkan dalam negosiasi. Negosiasi bukanlah urusan menang atau kalah, apalagi sampai menjatuhkan lawan. Jagalah emosi Anda, dan tetaplah berkepala dingin. Jangan terpancing emosi, ego, atau dorongan ingin menang sendiri.

5. Dalam bernegosiasi, tetaplah bersikap seadil mungkin

Anda perlu memikirkan keuntungan dan kebaikannya bagi semua pihak. Jangan menciptakan hal-hal yang berkemungkinan akan menimbulkan persaingan yang tidak sehat ataupun permusuhan.

6. Berikan alternatif win-win solution pada lawan

Bersikaplah fleksibel terhadap berbagai kemungkinan. Sikap fleksibel ini akan membantu Anda untuk keluar dari jalan buntu. Persiapkan beberapa solusi alternatif yang diprediksi dapat menciptakan kondisi saling menguntungkan bagi semua pihak.

7. Selesaikan proses negosiasi dengan cepat dan tidak bertele-tele

Hindari faktor-faktor yang melelahkan pihak lawan dan juga diri Anda sendiri. Proses negosiasi tidak perlu berlama-lama. Selain itu tempat negosiasi juga harus kondusif, mudah dijangkau, dan diusahakan tenang, sepi, dan tidak banyak gangguan dari luar.

Menyiasati Produktivitas yang Rendah


Produktivitas kerap menjadi masalah bagi sebuah bisnis tanpa memandang usia. Patut diketahui bahwa ada beberapa waktu yang menjadi saat-saat puncak tingkat produktivitas seseorang. Di satu waktu seseorang bisa sangat produktif sementara di saat lain ia kurang produktif dan kurang fokus. Maka dari itu, bekerja keras di luar waktu-waktu terbaik itu bisa dipastikan hanyalah pembuangan waktu dan tenaga karena hasilnya tidak maksimal dan lebih lama.

Mengetahui kapan puncak produktivitas Anda ialah sebuah kiat yang telah banyak dibahas dan sekali lagi perlu ditekankan bahwa jam-jam terbaik Anda hanyalah yang paling berharga. Bahkan jika Anda memiliki banyak waktu di kantor atau mengerjakan aktivitas bisnis, Anda bisa melakukan kegiatan yang lebih membosankan ke jam-jam saat tingkat produktivitas lebih rendah merupakan trik yang bisa ditempuh. Dengan begitu, Anda masih bisa tetap produktif tanpa harus kehilangan akal sehat.

Jadi, tanpa mempedulikan apa profesi Anda, daripada terus menerus bekerja selama 8 jam, Anda bisa mencoba berhenti setelah dua jam bekerja dengan baik. Lakukan aktivitas lainnya selama beberapa jam kemudian kembalilah dan lakukanlah kegiatan semula dengan lebih berapi-api. Ini lebih baik daripada Anda memaksakan diri meneruskan untuk mengerjakan satu aktivitas padahal energi dan fokus Anda untuk itu sudah benar-benar kering.

Nah, bagaimana jika Anda belum tahu persis saat puncak produktivitas Anda? Cobalah untuk melakukan pemetaan energi selama satu hari bekerja. Cara lain untuk menggenjot produktivitas ialah dengan mengelola waktu dengan lebih bijak. Caranya ialah dengan menggunakan “proyek yang tertunda”, terapkan sebuah siklus kerja 30/30 menit, dan fokuslah pada 1 hingga 3 jenis kegiatan dalam sehari. Alihkan perhatian Anda dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya untuk mendapatkan pikiran yang lebih segar.

Lalu kapan kita bisa mengetahui kita tidak bekerja dengan produktif dan harus beralih ke kegiatan lain? Sederhana saja. Saat Anda merasa bahwa Anda terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, bisa dipastikan Anda tidak sedang bekerja dengan produktif. Beranjaklah dan kerjakan sesuatu yang lain yang tidak menuntut Anda untuk berpikir terlalu banyak.

Semakin produktif seseorang saat bekerja, semakin baik stabilitas pekerjaannya, peluang promosinya juga lebih tinggi. Dan begitu juga potensi rekrutmen. Semuanya akan menstabilkan dan meningkatkan pendapatan pribadi, menyeimbangkan aspek-aspek dalam kehidupan Anda. Sekali lagi produktivitas ialah tentang kualitas bukan kuantitas.(*AP)

Mereka yang sedang mencari peluang menumbuhkan kekayaan patut mempertimbangkan jenis-jenis investasi berikut ini. Jenis investasi inilah yang diramalkan akan menjadi primadona di tahun 2013. Fokuskan upaya investasi Anda ke bidang-bidang ini untuk menyebarkan risiko secara merata, yang pada gilirannya akan memimimalkan kerugian jika suatu saat terjadi hal yang kurang diinginkan.

1. Saham

Ada dua cara untuk melihat jumlah dana yang orang yang ingin alokasikan ke ekuitas. Di satu sisi, orang biasanya memiliki sejumlah besar aset yang di dalamnya diperbolehkan untuk bermain aman dan tetap setia dengan obligasi yang terus menghasilkan keuntungan, stabil jika pendapatan tahunan berada di kisaran normal. Saham bernilai jutaan hingga puluhan dan ratusan juta dengan mudah bisa digunakan untuk sumber nafkah dengan yield (hasil) serendah beberapa poin persentase. Di sisi lain, para investor memiliki banyak kemampuan untuk berinvestasi di saham, yang dianggap lebih berisiko karena nilainya dapat berfluktuasi drastis selama periode waktu yang lebih singkat. Dengan menyisihkan uang cadangan di obligasi atau aktiva sejenis, sisa dananya bisa dialokasikan untuk saham untuk menumbuhkan kekayaan bagi ahli waris atau tujuan filantropi.

2. Obligasi

Sekali lagi, argumen obligasi dapat dibuat untuk tujuan mendapatkan penghasilan, tetapi juga bisa diminimalkan melampaui apa yang diperkirakan untuk memberikan pendapatan tahunan yang cukup. Setelah beberapa juta dolar disisihkan dalam aset pendapatan tetap mencukupi untuk memberikan penghasilan tetap, bahkan di saat tingkat bunga yang rendah saat ini. Obligasi daerah juga mungkin menarik mengingat bahwa tarif pajak bisa tinggi bagi orang kaya, terutama bagi mereka yang memiliki pendapatan kotor yang disesuaikan yang tergolong tinggi baik dari pekerjaan atau sumber pendapatan lainnya.

3. Investasi Alternatif

Dengan kekayaan, datang pula kesempatan untuk membeli real estate perumahan dan komersial. Mereka yang asetnya lebih sedikit mungkin harus puas dengan reksa dana dan tabungan pribadi untuk membeli properti, namun orang dengan aset lebih banyak dapat lebih mudah membeli kepemilikan properti secara menyeluruh sendiri.

4. Ekuitas Swasta

Sebagian besar dari kita bisa mendapatkan eksposur dengan perusahaan individu dengan membeli saham atau reksa dana. Sementara orang yang lebih banyak asetnya mampu membeli sebuah perusahaan langsung. Banyak yang bahkan kaya mendadak dengan berfokus pada satu perusahaan yang berkinerja bagus. Sekarang mereka mungkin dapat mengakuisisi perusahaan lain dan mengontrol arah mereka mengingat kemampuan mereka untuk memegang kendali secara langsung. Kelompok ekuitas swasta juga melaksanakan pekerjaan ini dengan memiliki surat kuasa dari mitranya. Banyak yang membutuhkan ratusan ribu, atau bahkan jutaan dolar, untuk membeli ke dana mereka.

5. Aset keras

Sekali lagi, individu yang tidak memenuhi syarat masih dapat membeli surat dana yang diperdagangkan di pasar saham dan dana lain yang berhubungan dengan aset fisik. Namun, kesempatan untuk membeli areal atau lahan kayu dengan hak mineral atau sumber daya alam, seperti gas alam atau minyak, akan menjadi jauh lebih memungkinkan untuk orang yang asetnya leih banyak. Kontrol adalah keuntungan lain, dengan kesempatan untuk memilih salah satu aset terbaik dan dapat menegosiasikan penjualan berikutnya jika kesempatan yang tepat datang.

6. Simpulan

Bagi Anda yang memiliki aset banyak, uang tidak lagi menjadi pilihan. Dalam hal ini, menggunakan uang untuk tujuan amal dan filantropis bisa memberikan keuntungan paling tinggi untuk uang mereka. Seperti dalam jenis-jenis investasi di atas, kekayaan membawa kemampuan untuk melakukan investasi yang cukup besar dan membantu mengendalikan arah upaya gerakan nirlaba untuk mencapai hasil terbaik. Beberapa orang kaya bahkan mampu menciptakan sumbangan mereka sendiri dan mempekerjakan staf untuk secara cermat mengelola dana itu demi membantu sesama yang membutuhkan dalam upaya sosial.

Akhir-akhir ini, intermediasi keuangan telah memungkinkan bagi investor dengan hanya beberapa ribu dolar untuk mendapatkan akses menuju peluang investasi di atas. Namun untuk benar-benar kaya, mereka dapat menggunakan kekayaan mereka untuk mencari peluang yang bahkan lebih menarik. Selain itu, kemampuan untuk memiliki kontrol yang lebih baik atas pembelian dan penjualan aset dapat memberikan keuntungan yang nyata. Ada alasan bahwa premi kontrol ada untuk bisnis dan aset fisik lainnya.(Inv/*AP)

Langkah-langkah Membuat Hobi Menjadi Bisnis


Menjalankan hobi setelah aktifitas seharian di kantor memang menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Sebut aja melukis pada akhir pekan atau fotografi di waktu senggang bisa menjadi kegiatan yang dapat menghilangkan penat setelah bekerja.

Kadang terlintas di pikiran jika hobi Anda bisa menjadi pekerjaan sehari-hari, tentunya akan sangat menyenangkan. Namun sayang, tak semua orang beruntung mendapatkan kesempatan itu. Ada saja hambatan untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan hobi.

Lantas, bukan berarti Anda harus menyerah. Menurut British Columbia Women's Enterprise Centre (BCWEC), pada usia pensiun (di atas 45 tahun), banyak para perempuan yang kembali menekuni hobi, seperti menjahit atau membuat kue, lalu mulai menjadikannya bisnis kecil-kecilan.

Bahkan tidak jarang, banyak di antara mereka yang menjadikan hobi tersebut sebagai mata pencaharian. Memang tidak ada kata terlambat untuk mencoba bisnis. Apalagi, jika memiliki waktu senggang dan modal yang cukup. Siapapun Anda, baik pensiunan atau usia produktif, sebelum memutuskan memulai bisnis dari hobi, ada baiknya simak terlebih dahulu tips di bawah ini;

1. Menyelami Pasar
Sebelum memulai bisnis baru, ada baiknya Anda mencari tahu seperti apa target pasar bisnis Anda. Apakah pasar sasaran tersebut ada? Jika Anda tidak melakukannya, modal bisnis yang telah dikeluarkan bisa jadi akan sia-sia. Sekecil apapun bisnis Anda, membuat rencana bisnis sangatlah penting. Selain bisa mengenal pasar, Anda jadi tahu siapakah yang menjadi kompetitor bisnis dan akhirnya dapat menentukan harga jual yang cocok.

Walaupun Anda sudah paham mengolah hobi Anda, belum tentu Anda tahu tentang mengelola sebuah bisnis. Nah, jika Anda belum punya dasar mengelolanya, ada baiknya Anda mengikuti kursus singkat tentang bisnis atau berkonsultasi dengan pebisnis yang sudah sukses.

2. Pandai Melihat Peluang
Dalam berbisnis, tidak selalu dalam keadaan untung. Nah Anda harus bersiap jika usaha dari hobi Anda melesu. Harga bahan bakar minyak (BBM) dan sembako yang naik atau turun, bisa memberikan efek terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan. Karenanya, Anda harus sadar akan hal itu.

Apalagi, kondisi keuangan bisnis akan sangat dipengaruhi oleh beberapa hal tersebut. Salah seorang pensiunan yang memulai bisnis fotografi menyarankan, para pebisnis untuk selalu membuat investasi kecil di luar bisnis yang menjadi fokus utama, sehingga bisa saling menopang kelancaran dari bisnis yang dijalankan.

3. Jangan Terburu-buru
Jangan langsung paksakan diri untuk mencari keutungan sebanyak-banyaknya dengan mengambil order pekerjaan yang akan sangat menyita waktu pada saat bisnis Anda baru saja dimulai.

Sebagai pemula, pilihlah pekerjaan atau orderan yang ringan-ringan saja. Jangan membuat bisnis baru sesibuk pekerjaan lama Anda. Apalagi masih banyak hal-hal yang harus Anda pelajari terlebih dahulu.

Bagaimana, apakah Anda berencana untuk memulai bisnis yang merupakan hobi? Atau malah sudah ada yang memulai? (sumber: ciputra.com)

Indonesia merupakan negara dengan pengguna BlackBerry terbanyak di dunia. Handset ini begitu menjamur, dan seringkali penggunanya masih terlalu awam untuk mengetahui seluk beluk BlackBerry lebih dalam. Artikel kali ini akan membantu para pengguna BlackBerry untuk lebih optimal menggunakan perangkat besutan RIM ini.
1. Gunakan keyboard lebih jarang dari biasanya
Tombol QWERTY dari BlackBerry memang memudahkan segalanya, namun ada banyak trik untuk menghemat penggunaannya. Salah satunya, menekan spasi dua kali di akhir kalimat bisa menghasilkan sebuah titik dan spasi untuk memulai kalimat baru, tentu dengan huruf awal kapital.
2. Penggunaan AutoText juga disarankan dengan penggunaan bahasa yang disesuaikan, karena dapat menyingkat waktu penulisan.
3. Huruf kapital
Tahan sebuah alfabet untuk merubahnya menjadi kapital.
4. Simbol pada kolom email
Pada kolom email, jika kita menekan spasi maka secara otomatis simbol @ akan menggantikan spasi tersebut.
5. Memblok tulisan dengan cepat
Ada perintah Select pada menu untuk melakukan hal ini, tapi akan lebih praktis lagi dengan menahan shift sambil melakukan proses scrolling.
6. Keyboard shortcut pada browser
Telah dijelaskan pada artikel x-phones yang lain.
7. Pilih antara dialling atau shortcuts
Pada menu Options > Phone Options > General Options, kita bisa merubah setting Dial From Home Screen ke Yes atau No.Jika pilih Yes, kita bisa mengetik nama untuk melakukan panggilan. Jika pilih No, kita bisa menggunakan keyboard untuk membuka aplikasi (contoh: M untuk email, B untuk browser, C untuk compose email, N untuk Messenger, L untuk Kalender, dan U untuk Kalkulator).
8. Nyalakan JavaScript
Untuk menghemat memori dan mempercepat loading halaman web, BB secara default mematikan JavaScript. Nyalakan untuk meload halaman dengan lebih baik.
9. Browser yang mana?
Ada 3 browser pada sebuah perangkat BB. WAP browser untuk melihat konten dari sinyal operator, BB HTML Browser, dan hotspot browser. Kita juga bisa merubah identifikasi browser ke Firefox atau IE untuk halaman-halaman tertentu agar membuka versi web-nya.
10. Kode warna pada pesan teks
Jika punya 2 email pada satu perangkat, kita bisa set warnanya supaya tampilan emailnya bisa dibedakan. Pilih Options > Security Options > Information > Message Outline Colours > Enterprise Messages atau Other Messages.
11. Menu multitasking
Tekan dan tahan tombol menu untuk memunculkan task switcher.
12. Lock handset
Beberapa BB punya 2 tombol di atasnya, tombol lock dan tombol mute, sementara yang lain hanya tombol mute. Untuk melock handset dengan satu tombol mute, tekan dan tahan saja tombol mute-nya.
13. Optimalkan tombol ekstra
Ada dua tombol ekstra di tiap sisi BlackBerry, yang salah satunya jika ditekan akan menyuarakan perintah "say a command". Gantilah fungsi dari kedua tombol tersebut untuk hal yang lebih sering digunakan.
14. Atur seberapa cepat trackball bergerak.
15. Shortcut aktivasi speakerphone
Mau aktifkan speakerphone? Tekan Menu > Activate Speakerphone. Mau matikan mode speakerphone? Tekan Menu > Activate Handset. Atau simpelnya gunakan tombol $ untuk menyalakan/mematikan mode speakerphone dengan cepat.
16. Voice command
Voice command jauh lebih berguna daripada voice dialling.
Layar informasi tersembunyi
Tekan Alt + Caps + H untuk menampilkan informasi BlackBerry Anda. Info apa saja? Silakan dicoba.
17. Archieve aplikasi, jangan uninstall
Ketika kehabisan memori untuk aplikasi, pilih aplikasi yang jarang digunakan dan masukkan ke archieve di microSD. Masuk ke App World, pilih My World, tekan Menu > Archieve. Aplikasi yang ada pada Archieve dapat diklik untuk reinstalling, namun hal ini membutuhkan restarting BlackBerry.
18. Manfaatkan mode auto on/off perangkat
Pilih Options>Auto On/Off untuk menentukan kapan handset Anda mati dan menyala secara otomatis.
19. Master Control Program
Gunakan aplikasi pihak ketiga misalkan MCP untuk melakukan tweak pada BlackBerry, seperti factory reset maupun install update. Jauh lebih mudah daripada BlackBerry Desktop Software.
20. Install aplikasi tanpa installer
Ada beberapa aplikasi yang tidak di-sign oleh RIM sehingga tidak memiliki installer. Untuk kasus seperti ini, masukkan file JAR aplikasi tersebut ke folder root. Kemudian pilih aplikasi Media pada BlackBerry untuk membuka foldernya, dan pilih JAR file itu untuk melakukan proses instalasi. (sumber : x-phone .com)

Gadis kecil yang terbang tinggi

Setahun yang lalu , saat itu saya masih bekerja di sebuah Restoran fastfood sebagai pelayan. Seorang ibu tiba tiba mendatangi saya, dia mengaku kenal dengan saya dan pernah bertemu dengan saya. Saya sendiri jujur tidak mengenalinya, akhirnya ibu tersebut menjelaskan dimana dia merasa pernah bertemu saya. Sebuah Rumah Sakit Pusat Nasional Negeri ini.

Saya hanya bisa termangu waktu itu, tidak bisa berkata apa apa. Ingatan saya kembali ke tiga tahun sebelumnya di mana saya memang sering terpaksa ke sana sampai akhirnya saya hentikan karena vonis yang membuat saya shock, dan juga biaya yang saya keluarkan tidak seimbang dengan penghasilan saya waktu itu sebagai seorang pelayan.

Ibu itu mengenalkan pada saya Dua orang putrinya yang bersemangat memakan 'burger' mereka sambil bercanda. Satu anak memakai pakaian muslim berwarna kuning gading lengkap dengan jilbabnya berusia sekitar 7 tahun dan seorang lagi memakai baju muslim berwarna pink dengan jilbab di lepas tergeletak di atas meja, gadis kecil itu berusia sekitar 5 tahun, sedang lucu lucunya untuk seorang anak, bercanda riang dengan kakaknya seakan tidak memiliki beban apapun,berbeda dengan ibunya yang terlihat lelah. Gadis kecil itulah alasan kenapa sang ibu mengenali saya.

Sejak bayi, gadis kecil itu sudah harus mengikuti perawatan di Rumah Sakit tersebut di bawah departemen khusus bernama departemen Thalassaemia. Thalassaemia Mayor. Awalnya perawatan di lakukan dua bulan sekali untuk mendapatkan "isi ulang" / transfusi karena itulah satu satunya yang bisa membuatnya bertahan,tapi ketika bertemu saya sang ibu memberi tahu bahwa gadis kecil itu sekarang harus mendapat "isi ulang" dua minggu sekali dan itu dengan biaya yang tidak sedikit. Untunglah ada sebuah yayasan yang di khususkan untuk membantu penderita Thalassaemia Mayor baik dari biaya maupun aktivitas sehingga mereka tidak merasa sendiri dan tetap berjuang dan mencoba bertarung melawan waktu walau suatu saat waktu juga yang akan mengakhiri

Ibu itu akhirnya pamit membawa dua anaknya, masih terbayang di mata saya gadis kecil memakai baju pink melompat dari atas kursi dipegangi ibunya, meloncat loncat riang sambil memberikan jilbabnya dan menolak ketika sang ibu mencoba memasangnya kembali, menatap saya sebentar dengan matanya yang bundar, mukanya yang lucu, tingkahnya yang menggemaskan, tetap riang dan tanpa beban meskipun "mungkin"tidak akan pernah merasakan Dewasa.

===
Beberapa hari yang lalu saya mendapat kabar dari teman saya, Gadis kecil itu telah pergi, terbang tinggi menemui yang menciptakannya. Terbayang kembali di mata saya matanya yang bundar, mukanya yang lucu dan tingkahnya yang mengemaskan tanpa beban meski akhirnya harus tetap menyerah. Waktunya sudah berakhir.

Ya Allah semoga engkau menjadikannya bidadari di surgaMu,menjadi penolong bagi orang tuanya, terutama ibu yang selalu menemaninya kemanapun dia pergi dan kakaknya yang bahkan merelakan sekolahnya untuk menemaninya bermain, Ya Allah berilah kekuatan kepada ibunya untuk tetap tabah dan menjalani hidup di jalanMu, karena ku akui Ya Allah, banyak di antara kami yang mencercaMu dalam hati di tengah keputusasaan, mempertanyakan keadilanMu, mengapa Kau menjadikan keluarga kami bagian cobaan ini. Ya Allah , ampunilah kami, kesalahan kami, dosa dosa kami, cercaan kami, pertanyaan kami. Dan masukanlah kami dalam umatMu yang engkau ridhoi.

Selamat jalan Gadis kecil...Terbanglah tinggi...Suatu saat kami pun pasti menyusulmu...Sampai bertemu lagi...Sampai bertemu lagi

Fizikal Nabi


Telah dikeluarkan oleh Ya'kub bin Sufyan Al-Faswi dari Al-Hasan bin Ali ra. katanya: Pernah aku menanyai pamanku (dari sebelah ibu) Hind bin Abu Halah, dan aku tahu baginda memang sangat pandai mensifatkan perilaku Rasulullah SAW, padahal aku ingin sekali untuk disifatkan kepadaku sesuatu dari sifat beliau yang dapat aku mencontohinya, maka dia berkata: Adalah Rasulullah SAW itu seorang yang agung yang senantiasa diagungkan, wajahnya berseri-seri layak bulan di malam purnamanya, tingginya cukup tidak terialu ketara, juga tidak terlalu pendek, dadanya bidang, rambutnya selalu rapi antara lurus dan bergelombang, dan memanjang hingga ke tepi telinganya, lebat, warnanya hitam, dahinya luas, alisnya lentik halus terpisah di antara keduanya, yang bila baginda marah kelihatannya seperti bercantum, hidungnya mancung, kelihatan memancar cahaya ke atasnya, janggutnya lebat, kedua belah matanya hitam, kedua pipinya lembut dan halus, mulutnya tebal, giginya putih bersih dan jarang-jarang,

di dadanya tumbuh bulu-bulu yang halus, tengkuknya memanjang, berbentuk sederhana, berbadan besar lagi tegap, rata antara perutnya dan dadanya, luas dadanya, lebar antara kedua bahunya, tulang belakangnya besar, kulitnya bersih, antara dadanya dan pusatnya dipenuhi oleh bulu-bulu yang halus, pada kedua teteknya dan perutnya bersih dari bulu, sedang pada kedua lengannya dan bahunya dan di atas dadanya berbulu pula, lengannya panjang, telapak tangannya lebar, halus tulangnya, jari telapak kedua tangan dan kakinya tebal berisi daging, panjang ujung jarinya, rongga telapak kakinya tidak menyentuh tanah apabila baginda berjalan, dan telapak kakinya lembut serta licin tidak ada lipatan, tinggi seolah-olah air sedang memancar daripadanya, bila diangkat kakinya diangkatnya dengan lembut (tidak seperti jalannya orang menyombongkan diri), melangkah satu-satu dan perlahan-lahan, langkahnya panjang-panjang seperti orang yang melangkah atas jurang, bila menoleh dengan semua badannya, pandangannya sering ke bumi, kelihatan baginda lebih banyak melihat ke arah bumi daripada melihat ke atas langit, jarang baginda memerhatikan sesuatu dengan terlalu lama, selalu berjalan beriringan dengan sahabat-sahabatnya, selalu memulakan salam kepada siapa yang ditemuinya.

Kebiasaan Nabi
Kataku pula: Sifatkanlah kepadaku mengenai kebiasaannya!Jawab pamanku: Adalah Rasulullah SAW itu kelihatannya seperti orang yang selalu bersedih, senantiasa banyak berfikir, tidak pernah beristirshat panjang, tidak berbicara bila tidak ada keperluan, banyak diamnya, memulakan bicara dan menghabiskannya dengan sepenuh mulutnva, kata-katanya penuh mutiara mauti manikam, satu-satu kalimatnya, tidak berlebih-lebihan atau berkurang-kurangan, lemah lembut tidak terlalu kasar atau menghina diri, senantiasa membesarkan nikmat walaupun kecil, tidak pernah mencela nikmat apa pun atau terlalu memujinya, tiada seorang dapat meredakan marahnya, apabila sesuatu dari kebenaran dihinakan sehingga dia dapat membelanya.

Dalam riwayat lain, dikatakan bahwa baginda menjadi marah kerana sesuatu urusan dunia atau apa-apa yang bertalian dengannya, tetapi apabila baginda melihat kebenaran itu dihinakan, tiada seorang yang dapat melebihi marahnya, sehingga baginda dapat membela kerananya. Baginda tidak pernah marah untuk dirinya, atau membela sesuatu untuk kepentingan dirinya, bila mengisyarat diisyaratkan dengan semua telapak tangannya, dan bila baginda merasa takjub dibalikkan telapak tangannya, dan bila berbicara dikumpulkan tangannya dengan menumpukan telapak tangannya yang kanan pada ibu jari tangan kirinya, dan bila baginda marah baginda terus berpaling dari arah yang menyebabkan ia marah, dan bila baginda gembira dipejamkan matanya, kebanyakan ketawanya ialah dengan tersenyum, dan bila baginda ketawa, baginda ketawa seperti embun yang dingin.

Berkata Al-Hasan lagi: Semua sifat-sifat ini aku simpan dalam diriku lama juga. Kemudian aku berbicara mengenainya kepada Al-Husain bin Ali, dan aku dapati ianya sudah terlebih dahulu menanyakan pamanku tentang apa yang aku tanyakan itu. Dan dia juga telah menanyakan ayahku (Ali bin Abu Thalib ra.) tentang cara keluar baginda dan masuk baginda, tentang cara duduknya, malah tentang segala sesuatu mengenai Rasulullah SAW itu.

Rumah Nabi
Berkata Al-Hasan ra. lagi: Aku juga pernah menanyakan ayahku tentang masuknya Rasulullah SAW lalu dia menjawab: Masuknya ke dalam rumahnya bila sudah diizinkan khusus baginya, dan apabila baginda berada di dalam rumahnya dibagikan masanya tiga bagian. Satu bagian khusus untuk Allah ta'ala, satu bagian untuk isteri-isterinya, dan satu bagian lagi untuk dirinya sendiri. Kemudian dijadikan bagian untuk dirinya itu terpenuh dengan urusan di antaranya dengan manusia, dihabiskan waktunya itu untuk melayani semua orang yang awam maupun yang khusus, tiada seorang pun dibedakan dari yang lain.
Di antara tabiatnya ketika melayani ummat, baginda selalu memberikan perhatiannya kepada orang-orang yang terutama untuk dididiknya, dilayani mereka menurut kelebihan diri masing-masing dalam agama. Ada yang keperluannya satu ada yang dua, dan ada yang lebih dari itu, maka baginda akan duduk dengan mereka dan melayani semua urusan mereka yang berkaitan dengan diri mereka sendiri dan kepentingan ummat secara umum, coba menunjuki mereka apa yang perlu dan memberitahu mereka apa yang patut dilakukan untuk kepentingan semua orang dengan mengingatkan pula: "Hendaklah siapa yang hadir menyampaikan kepada siapa yang tidak hadir. Jangan lupa menyampaikan kepadaku keperluan orang yang tidak dapat menyampaikannya sendiri, sebab sesiapa yang menyampaikan keperluan orang yang tidak dapat menyampaikan keperluannya sendiri kepada seorang penguasa, niscaya Allah SWT akan menetapkan kedua tumitnya di hari kiamat", tiada disebutkan di situ hanya hal-hal yang seumpama itu saja.
Baginda tidak menerima dari bicara yang lain kecuali sesuatu untuk maslahat ummatnya. Mereka datang kepadanya sebagai orang-orang yang berziarah, namun mereka tiada meninggalkan tempat melainkan dengan berisi. Dalam riwayat lain mereka tiada berpisah melainkan sesudah mengumpul banyak faedah, dan mereka keluar dari majelisnya sebagai orang yang ahli dalam hal-ihwal agamanya.

Luaran Nabi
Berkata Al-Hasan r.a. lagi: Kemudian saya bertanya tentang keadaannya di luar, dan apa yang dibuatnya? Jawabnya: Adalah Rasulullah SAW ketika di luar, senantiasa mengunci lidahnya, kecuali jika memang ada kepentingan untuk ummatnya. Baginda selalu beramah-tamah kepada mereka, dan tidak kasar dalam bicaranya. Baginda senantiasa memuliakan ketua setiap suku dan kaum dan meletakkan masing-masing di tempatnya yang layak. Kadang-kadang baginda mengingatkan orang ramai, tetapi baginda senantiasa menjaga hati mereka agar tidak dinampakkan pada mereka selain mukanya yang manis dan akhlaknya yang mulia. Baginda selalu menanyakan sahabat-sahabatnya bila mereka tidak datang, dan selalu bertanyakan berita orang ramai dan apa yang ditanggunginya. Mana yang baik dipuji dan dianjurkan, dan mana yang buruk dicela dan dicegahkan.
Baginda senantiasa bersikap pertengahan dalam segala perkara, tidak banyak membantah, tidak pernah lalai supaya mereka juga tidak suka lalai atau menyeleweng, semua perkaranya baik dan terjaga, tidak pernah meremehkan atau menyeleweng dari kebenaran, orang-orang yang senantiasa mendampinginya ialah orang-orang paling baik kelakuannya, yang dipandang utama di sampingnya, yang paling banyak dapat memberi nasihat, yang paling tinggi kedudukannya, yang paling bersedia untuk berkorban dan membantu dalam apa keadaan sekalipun.

Majlis Nabi
Berkata Al-Hasan ra. lagi: Saya lalu bertanya pula tentang majelis Nabi SAW dan bagaimana caranya ? Jawabnya: Bahwa Rasulullah SAW tidak duduk dalam sesuatu majelis, atau bangun daripadanya, melainkan baginda berzikir kepada Allah SWT baginda tidak pernah memilih tempat yang tertentu, dan melarang orang meminta ditempatkan di suatu tempat yang tertentu. Apabila baginda sampai kepada sesuatu tempat, di situlah baginda duduk sehingga selesai majelis itu dan baginda menyuruh membuat seperti itu. Bila berhadapan dengan orang ramai diberikan pandangannya kepada semua orang dengan sama rata, sehingga orang-orang yang berada di majelisnya itu merasa tiada seorang pun yang diberikan penghormatan lebih darinya. Bila ada orang yang datang kepadanya kerana sesuatu keperluan, atau sesuatu masliahat, baginda terus melayaninya dengan penuh kesabaran hinggalah orang itu bangun dan kembali.
Baginda tidak pemah menghampakan orang yang meminta daripadanya sesuatu keperluan, jika ada diberikan kepadanya, dan jika tidak ada dijawabnya dengan kata-kata yang tidak mengecewakan hatinya. Budipekertinya sangat baik, dan perilakunya sungguh bijak. Baginda dianggap semua orang seperti ayah, dan mereka dipandang di sisinya semuanya sama dalam hal kebenaran, tidak berat sebelah. Majelisnya semuanya ramah-tamah, segan-silu, sabar menunggu, amanah, tidak pemah terdengar suara yang tinggi, tidak dibuat padanya segala yang dilarangi, tidak disebut yang jijik dan buruk, semua orang sama kecuali dengan kelebihan taqwa, semuanya merendah diri, yang tua dihormati yang muda, dan yang muda dirahmati yang tua, yang perlu selalu diutamakan, yang asing selalu didahulukan.

Berkata Al-Hasan ra. lagi: Saya pun lalu menanyakan tentang kelakuan Rasulullah SAW pada orang-orang yang selalu duduk-duduk bersama-sama dengannya? Jawabnya: Adalah Rasulullah SAW selalu periang orangnya, pekertinya mudah dilayan, seialu berlemah-lembut, tidak keras atau bengis, tidak kasar atau suka berteriak-teriak, kata-katanya tidak kotor, tidak banyak bergurau atau beromong kosong segera melupakan apa yang tiada disukainya, tidak pernah mengecewakan orang yang berharap kepadanya, tidak suka menjadikan orang berputus asa. Sangat jelas dalam perilakunya tiga perkara yang berikut. Baginda tidak suka mencela orang dan memburukkannya. Baginda tidak suka mencari-cari keaiban orang dan tidak berbicara mengenai seseorang kecuali yang mendatangkan faedah dan menghasilkan pahala.
Apabila baginda berbicara, semua orang yang berada dalam majelisnya memperhatikannya dengan tekun seolah-olah burung sedang tertengger di atas kepala mereka. Bila baginda berhenti berbicara, mereka baru mula berbicara, dan bila dia berbicara pula, semua mereka berdiam seribu basa. Mereka tidak pernah bertengkar di hadapannya. Baginda tertawa bila dilihatnya mereka tertawa, dan baginda merasa takjub bila mereka merasa takjub. Baginda selalu bersabar bila didatangi orang badwi yang seringkali bersifat kasar dan suka mendesak ketika meminta sesuatu daripadanya tanpa mahu mengalah atau menunggu, sehingga terkadang para sahabatnya merasa jengkel dan kurang senang, tetapi baginda tetap menyabarkan mereka dengan berkata: "Jika kamu dapati seseorang yang perlu datang, hendaklah kamu menolongnya dan jangan menghardiknya!". Baginda juga tidak mengharapkan pujian daripada siapa yang ditolongnya, dan kalau mereka mau memujinya pun, baginda tidak menggalakkan untuk berbuat begitu. Baginda tidak pernah memotong bicara sesiapa pun sehingga orang itu habis berbicara, lalu barulah baginda berbicara, atau baginda menjauh dari tempat itu.

Diamnya Nabi
Berkata Al-Hasan r.a. lagi: Saya pun menanyakan pula tentang diamnya, bagaimana pula keadaannya? Jawabnya: Diam Rasulullah SAW bergantung kepada mempertimbangkan empat hal, yaitu: Kerana adab sopan santun, kerana berhati-hati, kerana mempertimbangkan sesuatu di antara manusia, dan kerana bertafakkur. Adapun sebab pertimbangannya ialah kerana persamaannya dalam pandangan dan pendengaran di antara manusia. Adapun tentang tafakkurnya ialah pada apa yang kekal dan yang binasa. Dan terkumpul pula dalam peribadinya sifat-sifat kesantunan dan kesabaran. Tidak ada sesuatu yang boleh menyebabkan dia menjadi marah, ataupun menjadikannya membenci. Dan terkumpul dalam peribadinya sifat berhati-hati dalam empat perkara, iaitu: Suka membuat yang baik-baik dan melaksanakannya untuk kepentingan ummat dalam hal-ehwal mereka yang berkaitan dengan dunia mahupun akhirat, agar dapat dicontohi oleh yang lain. Baginda meninggalkan yang buruk, agar dijauhi dan tidak dibuat oleh yang lain. Bersungguh-sungguh mencari jalan yang baik untuk maslahat ummatnya, dan melakukan apa yang dapat mendatangkan manfaat buat ummatnya, baik buat dunia ataupun buat akhirat.

(Nukilan Thabarani - Majma'uz-Zawa'id 8:275)

Amalan malam Jum’at dan hari Jum’at

Amalan dan doa malam Jum’at
Amalan dan doa pada malam Jum’at banyak sekali, antara lain:

Pertama: memperbanyak membaca tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan shalawat kepada Nabi saw dan keluarganya. Karena dalam hadis dikatakan bahwa malam Jum’at adalah malam yang mulia dan harinya adalah hari cahaya. Dalam suatu hadis dikatakan: paling sedikitnya membaca shalawat 100 kali, lebih banyak lebih utama.


Kedua: Membaca istighfar berikut ini :
Astaghfirullâhalladzi la ilâha illâ Huwal Hayyul Qayyum wa atubu ilayhi tawbata ‘abdin khâdhi‘in, miskînin mustakîn, lâ yastathî‘u linafsihi sharfan walâ ‘adlâ, walâ naf‘an walâ dharrâ, walâ hayâtan walâ mawtan walâ nusyurâ, wa shallallâhu ‘alâ Muhammadin wa ‘itratihi ath-thayyibînath thâhirîn, al-akhyâril abrâr, wa sallama taslîmâ.

Aku mohon ampun kepada Allah, tiada Tuhan kecuali Dia Yang Hidup danMengawasi, aku bertaubat kepada-Nya taubat seorang hamba yang rendah, hina dan miskin; yang dirinya tak mampu berupaya dan berbuat keadilan, tak mampu memberi manfaat dan mudharrat, tak mampu hidup, mati dan hidup kembali. Semoga Allah mencurahkan shalawat dan salam kepada Muhammad dan keluarganya yang suci dan baik, yang pilihan dan benar.

Ketiga: Memperbanyak mendoakan saudara-saudaranya yang beriman sebagaimana yang dilakukan oleh Fatimah Az-Zahra’ (sa). Jika mendoakan sepuluh orang yang telah meninggal, maka wajib baginya surga, sebagaimana yang disebutkan di dalam hadis.

Keempat: Membaca doa doa malam Jum’at, antara lain:

Allâhumma innî a‘ûdzu bika fa-a‘idznî, wa astajîru bika fa-ajirnî, wa astarziquka farzuqnî, wa atawakkalu ‘alayka fakfinî, wa astanshiruka ‘ala ‘aduwwî fanshurnî, wa asta‘înu bika fa-a‘innî, wa astaghfiruka yâ Ilâhî faghfirlî âmin âmin âmin.

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu, maka lindungi aku. Aku memohon keselamatan kepada-Mu, maka selamatkan daku. Aku memohon rizki kepada-Mu, maka berilah aku rizki. aku bertawakkal kepada-Mu, maka cukupi daku. Aku memohon pertolongan kepada-Mu terhadap musuhku, maka bantulah daku. Aku memohon bantuan kepada-Mu, maka bantulah aku. Ya Ilahi, aku memohon ampunan kepada-Mu, maka ampuni daku, amin amin amin.

Allâhumma in wadha‘tanî famandzal ladzî yarfa‘unî, wain rafa‘ta famandzal ladzî yadha‘unî, wain ahlaktanî famandzal ladzî ya‘ridhu laka fi ‘abdika aw yas-aluka ‘an amrihi, wa qad ‘alimtu annahu laysa fi hukmika zhulmun walâ fi niqmatika ‘ajalun, wa innama ya‘jalu man yakhâful fawta, wa innama yahtâju ilâzh zhulmizh zha‘îfu, wa qad ta‘âlayta yâ Ilâhi ‘an dzâlika ‘uluwwan kabîrâ.

Ya Allah, jika Engkau hinakan daku, siapa lagi yang akan memuliakan aku. Jika Engkau muliakan aku, siapa lagi yang mampu menghinakan aku. Jika Engkau binasakan aku, siapa lagi yang akan beribadah kepada-Mu atau yang akan memohon pada-Mu tentang persoalannya. Sungguh, aku tahu tidak ada kezaliman dalam hukum-Mu, tidak ada yang tergesa-gesa dalam siksaan-Mu. Karena tergesa-gersa itu hanya terjadi pada orang takut ketinggalan, dan butuh pada kezaliman yang lemah. Sementara Engkau ya Ilahi benar-benar Maha Mulia dari semua itu.

Kelima: Membaca doa Kumail (doa Hidhir)

Amalan dan doa hari Jum’at
Amalan dan doa hari Jum’at antara lain:
Pertama: Mandi sunnah. Waktunya dari terbit fajar sampai matahari tergelincir. Yang paling utama menjelang matahari tergelincir.

Rasulullah saw bersabda kepada Imam Ali bin Abi Thalib (sa): “Wahai Ali, mandi sunnahlah kamu setiap hari Jum’at walaupun kamu harus membeli air, karena tidak ada amalan sunnah yang lebih mulia darinya.”

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang mandi sunnah pada hari Jum’at, kemudian membaca doa berikut, ia disucikan dari dosa-dosanya dari hari Jum’at ke hari Jum’at berikutnya, amal-amalnya diterima dan disucikan secara spritual:

Asyahadu allâ ilâha illallâh wahdahu lâ syarrîka lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasûluh. Allâhumma shalli ‘alâ Muhammadin wa âli Muhammad, waj’alnî minat tawwâbîna waj’alnî minal mutathahhirîn.

Aku bersaksi tiada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya, Muhammad adalah hamba-Nya dan rasul-Nya. Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, jadikan aku tergolong kepada orang-orang yang bertaubat, dan jadikan aku termasuk kepada orang-orang yang mensucikan diri.

Kedua: Ziarah ke kuburan orang-orang mukmin khususnya kedua orang tua.Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Ziarahlah kalian ke kuburan padahari Jum’at, karena mereka mengetahui orang yang datang kepada merekadan mereka bahagia.”

Amalan dan doa-doa ini diajarkan dan dicontohnya oleh Rasulullah saw dan keluarganya.
(Fafâtihul Jinân, bab 1, pasal 4, halaman 28-38 )
Wassalam, Semoga bermanfaat


http://shalatdoa.blogspot.com http://syamsuri149.wordpress.com

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Alhamdulillahi robbil ‘alamin. Allahumma sholli ‘ala nabiyyina Muhammad, wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Betapa banyak orang lalai dari amalan yang satu ini ketika malam Jum’at atau hari Jum’at, yaitu membaca surat Al Kahfi. Atau mungkin sebagian orang belum mengetahui amalan ini. Padahal membaca surat Al Kahfi adalah suatu yang dianjurkan (mustahab) di hari Jum’at karena pahala yang begitu besar sebagaimana berita yang dikabarkan oleh orang yang benar dan membawa ajaran yang benar yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hadits-hadits yang membicarakan hal ini kami bawakan sebagian pada posting yang singkat ini. Semoga bermanfaat.

Hadits pertama:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Hadits kedua:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Inilah salah satu amalan di hari Jum’at dan keutamaan yang sangat besar di dalamnya. Akankah kita melewatkan begitu saja [?]

Semoga Allah selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh sesuai tuntunan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat. Wa shollallahu ‘ala nabiyyiina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Sumber: Rumaysho.com

Wednesday 9 January 2013

8 Hal Yang Mengecewakan Calon Pelanggan


Membina hubungan baik dengan pelanggan, tentunya menjadi strategi pemasaran yang terbilang cukup efektif untuk mendatangkan transaksi penjualan. Bila selama ini hubungan Anda dengan para pelanggan terjalin cukup baik, tidak menutup kemungkinan bila pelanggan Anda akan semakin loyal dengan bisnis yang Anda jalankan. Dan begitu juga sebaliknya, apabila pelanggan merasa kecewa dengan pelayanan yang Anda berikan, maka bisa dipastikan bila dikemudian hari mereka pun akan berpaling ke perusahaan lain.

Karena itu, untuk menghindari hal-hal yang dimungkinkan bisa mengecewakan para pelanggan. Berikut ini kami informasikan 8 hal yang mengecewakan calon pelanggan dan perlu Anda hindari dari sekarang.

1. Ketidakpastian
Pada dasarnya setiap konsumen tidak menyukai sesuatu yang belum pasti. Mereka membutuhkan kepastian informasi secara mendetail sebelum akhirnya mereka percaya untuk melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, pastikan bahwa informasi yang Anda sampaikan benar-benar valid agar konsumen Anda tidak kecewa dengan informasi yang Anda berikan.

2. Diabaikan
Banyak yang mengibaratkkan bahwa “Pembeli adalah raja”. Karena itu jangan sekali-kali mengabaikan calon pelanggan, jika bisnis Anda ingin berkembang besar. Jadikan setiap pengunjung toko Anda sebagai pelanggan istimewa. dan layani mereka dengan sebaik-baiknya.

3. Tak memahami kebutuhan pelanggan
Terkadang sebagai seorang pelaku usaha, kita sering lupa dengan apa yang dibutuhkan pelanggan. Kita hanya memikirkan besarnya keuntungan yang didapatkan dan mengesampingkan apa yang sebenarnya dicari para pelanggan. Karenanya tidak heran bila sekarang ini banyak produk yang persediaannya kosong, padahal produk tersebut banyak dibutuhkan calon pelanggan.

4. Janji palsu
Untuk menarik minat calon pelanggan, tak jarang para pelaku usaha mengumbar segudang janji untuk mendatangkan simpati positif dari khalayak ramai. Namun dari strategi promosi tersebut, tak sedikit perusahaan yang akhirnya mengingkari janjinya dan mengecewakan para pelanggannya. Untuk menghindari kemungkinan seperti ini, sebaiknya sesuaikan kemampuan Anda sebelum akhirnya memberikan iming-iming (janji) kepada calon pelanggan Anda.

5. Membatasi pelayanan sesuai RAS
Setiap pelanggan tentunya memiliki hak yang sama di mata para pelaku usaha. Oleh karena itu jangan pernah membatasi atau membedakan pelayanan berdasarkan suku, agama, atau latarbelakang yang mereka miliki. Mulailah berpikir global untuk menghadapi persaingan pasar.

6. Tidak mau mengalah
komplain pelanggan 200x150 8 Hal Yang Mengecewakan Calon Pelanggan

komplain pelanggan

Bagaimanapun juga, konsumen memegang peranan penuh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Karena itu ketika menghadapi komplain dari para pelanggan, usahakan bahwa Anda tetap bersikap tenang dan tidak segan-segan mengalah untuk mengembalikan kepercayaan para pelanggan. Sebab, apabila kita tidak mau mengalah dan melawannya dengan beragam bantahan, bisa dipastikan bila emosi pelanggan semakin memuncak dan tidak menutup kemungkinan bila kejadian tersebut akan membawa efek buruk bagi perkembangan bisnis kita.

7. Ceroboh dan kurang profesional
Meskipun bisnis Anda terbilang kecil, namun sebaiknya Anda memperhatikan profesionalitas kerja dan mengoreksi setiap detail pekerjaan yang Anda jalankan. Sebab, pada dasarnya setiap pelanggan tidak menyukai kecerobohan atau kesalahan para pelaku usaha yang hanya akan menunjukan kurangnya profesionalitas yang mereka miliki.

8. Kebohongan pelaku usaha
Ketika menjalin sebuah hubungan kerjasama, kejujuran menjadi modal awal Anda untuk membangun kepercayaan kedua belah pihak. Ketika salah satu pihak dengan sengaja berbohong atau menyembunyikan sebuah informasi, maka tidak menutup kemungkinan bila kepercayaan pihak lainnya akan menghilang untuk selamanya. Karena itu pastikan bila semua promosi yang Anda sampaikan tidak mengandung unsur kecurangan, dan pastikan bila informasi yang Anda berikan juga berdasarkan kenyataan yang Anda ketahui bersama.

Semoga 8 tips pemasaran yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang bingung memasarkan produk-produknya. Maju terus UKM Indoensia dan salam sukses! (sumber bisnis ukm)

Rasanya tidak berlebihan bila sekarang ini beragam jenis situs sosial media sudah sangat familiar di seluruh lapisan masyarakat. Bahkan tak hanya kalangan masyarakat atas saja yang sekarang ini bisa mengakses internet dengan mudah. Beragam jenis situs jejaring sosial sekarang ini juga sudah diseting para penciptanya dengan sistem mobile friendly, sehingga tidak heran bila dari ponsel atau smartphone yang mereka miliki, sekarang ini penggunaan sosial media semakin mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh American Expres, sekarang ini seperempat konsumen datang dari dari jejaring sosial seperti misalnya Facebook dan Twitter. Kondisi inilah yang diperkirakan akan melambungkan pendapatan iklan di jejaring sosial pada tahun 2013. Bahkan menurut riset yang dilakukan situs eMarketer diperkirakan tahun ini pendapatan iklan jejaring sosial bisa mencapai angka 10 milyar dolar. Peluang inilah yang bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk mengoptimalkan peran sosial media dalam mempromosikan produk-produk unggulan Anda.

Nah, kira-kira langkah apa saja yang bisa Anda jalankan untuk mengoptimalkan peran sosial media di tahun 2013? Berikut kami informasikan beberapa langkah mudah yang bisa Anda jalankan untuk mengoptimalkan strategi promosi online.

1. Jaring follower sebanyak-banyaknya
Untuk mendatangkan banyak transaksi penjualan, tentunya Anda juga harus memiliki follower atau pengikut sebanyak-banyaknya. Jaring follower dengan memberikan konten yang bermanfaat dan sesuai dengan produk yang Anda promosikan. Misalnya Anda mempromosikan produk-produk gadget, maka konten yang Anda publikasikan bisa berupa tips aman memilih atau merawat produk-produk gadget. Dengan begitu, para follower mendapatkan banyak manfaat dari akun Anda dan semakin loyal dengan perusahaan yang Anda bangun.

2. Berikan kualitas gambar yang cukup bagus
Ketika mempromosikan sebuah produk di dunia maya, modal utama yang Anda butuhkan adalah gambar atau foto yang kualitasnya cukup bagus. Jika di dunia nyata para konsumen bisa melihat langsung produk yang akan mereka beli, maka di dunia maya mereka hanya bisa memperkirakan kualitas produk dari gambar atau foto yang mereka lihat. Karena itu tidak ada salahnya bila Anda menggunakan sosial media seperti misalnya Pinterest atau Instagram yang menawarkan desain-desain yang cukup memikat.

3. Jangkau kalangan profesional dengan bantuan LinkedIn
Seperti kita ketahui bersama, LinkedIn merupakan salah satu situs jejaring sosial yang banyak digunakan para profesional. Untuk meningkatkan kelas produk Anda, tidak ada salahnya bila Anda ikut bergabung di situs tersebut untuk membidik kalangan profesional, seperti misalnya para public figure, pejabat negara, pengusaha, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu takut mempromosikan produk-produk Anda, karena pada dasarnya mereka juga ingin berbelanja seperti kalangan masyarakat umum lainnya.

Dengan mengoptimalkan ketiga tips bisnis online yang telah kita bahas bersama, semoga di tahun 2013 ini promosi online yang kita jalankan bisa bekerja dengan maksimal dan mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Cari Duit VS Membangun Bisnis.


Saya selalu terinspirasi saat mendengar presentasi dari tokoh - tokoh UKM yang memberikan seminar untuk memotivasi pebinis ( atau calon pebisnis ). Mereka menjalankan bisnisnya dengan penuh antusias, dan bahkan tidak merasakan adanya kesulitan. Tentunya hal itu karena mereka mengerjakan bisnisnya dengan ikhlas dan perasaan senang
Beberapa peserta seminar juga kelihatan terinspirasi dan termotivasi. Mereka berdiri dan bertanya, bagaimana caranya untuk memulai berbisnis dengan sukses. Yang lainnya juga bertanya mengenai kiat sukses menjalankan bisnis

Sering kali saya mendengar pencerahan dari pemberi seminar bisnis bahwa untuk memulai bisnis yang terpenting segera memulai saja berbisnis. Yang terpenting action ! Jika makin dikaji - kaji maka biasanya bisnisnya tidak akan kunjung dimulai. Dan begitulah mereka memulai bisnis mereka dulu.
Tapi saya berpikir lagi sambil melihat kenyataan yang ada dari pebisnis disekitar kita. Pengamatan saya melihat bahwa tidak banyak pebisnis kita yang bisnisnya berstandar global. Pengusahanya mungkin menjadi kaya raya dan sangat sejahtera. Tetapi bisnisnya tidak menjadi bisnis kelas dunia. Atau fenomena yang lain terlihat bahwa pengusaha yang sudah kaya ini membuat bisnis-bisnis lain. Merek - merek baru. Kelihatannya mereka akan mengoptimalkan produktifitas uang dan kekayaannya
Saya jadi melihatnya bahwa mereka berorientasi menambah kekayaan. Cari duit adalah tujuan utamanya. Memang tidak ada yang salah bahwa bisnis memang yang dicari adalah keuntungan dan uang yang sebanyak - banyaknya

Sekarang saya merefleksikan perbandingan berikut ini, saya mengenal beberapa pemilik Factory Outlet di Bandung yang sangat sukses. Dari cerita mereka yang luar biasa, saya ketahui bahwa sebagian dari mereka merintis usahanya dari bawah di era tahun 1980 an. Bahkan ada yang memulai karir bisnisnya dari pinggir jalan menjual T- Shirt. Sekarang mereka memiliki puluhan Factory Outlet dan juga beberapa bisnis bidang lainnya. Dia kaya raya !

Saat saya mampir di beberapa kantor mereka, hampir semua mempunyai tipikal yang sama. Kantornya dibanjiri oleh suplier - suplier yang memasok barang. Bahkan situasinya boleh dibilang berantakan.
Pandangan saya yang lain, saya melihat bisnis dengan merek ZARA dan MANGO. Dimana keduanya juga berbisnis retail fashion. Mirip - mirip dengan Factory Outlet. Zara adalah salah satu merek yg berasal dari Spanyol dan bermarkas di Arteixo, Gallicia. Bisnisnya dimulai pada tahun 1975 dan sekarang ada di 73 negara dengan ribuan outlet
MANGO, adalah sebuah perusahaan desain dan manufaktur pakaian yang didirikan diBarcelona, Catalonia (Spanyol). Bisnisnya dimulai pada tahun 1989 dan saat ini sudah ada di lebih dari 103 negara dengan lebih dari 2000 outlet

Factory outlet teman - teman kita di Bandung dan kedua merek dari Spanyol di atas memulai usahanya dalam kurun yang tidak jauh berbeda. Sama-sama dari kota "kecil" di negaranya. Tetapi pencapaiannya sangat berbeda.
Pasti ada saja alasannya yang membuat hasil tersebut berbeda. Tetapi saya melihat bedanya pengusaha yang "Membangun Bisnisnya" dan pengusaha yang mungkin hanya berorientasi "Cari Duit".
Pasti tidak ada yang salah dari keduanya. Masing - masing mempunyai rencananya sendiri - sendiri. Saya hanya ingin memperlihatkan dua fenomena yang berbeda.
Pengusaha yang kekayaannya sangat banyak bisa hidup sejahtera mungkin sampai tujuh turunan. Walau bisnisnya mungkin tidak terlalu "kemana - mana" dan mungkin tidak sampai tahan lama. Mungkin setelah mendirikan usahanya yang berhasil tersebut, dia berubah quadrant menjadi investor yang dapat lebih cepat lagi mendapatkan kekayaan.

Sedangkan pengusaha yang "Membangun Bisnisnya", selain dia kaya raya dia juga mempunyai reputasi dimana - mana. Bisnisnya yang semakin besar pasti digiring oleh sistem yang membuat bisnis tersebut bisa lebih langgeng. Manfaat yang bisa diberikan dari bisnisnya juga akan dapat dinikmati oleh lebih banyak orang dan lebih panjang.

Kembali kepada memulai bisnis, mungkin ada baiknya jika sejak awal kita sudah membuka wawasan kita: apakah kita hanya akan "Cari Duit" atau akan "Membangun Bisnis" kita.
Boleh untuk menjadi renungan.. sumber :Burang Riyadi MBA.