Tuesday 27 August 2013

Kisah Sukses Penjual Pentol (True Story)


Pedagang Pentol Cilok Meraup Untung Bersih 15 Juta Dalam 3 Bulan untuk satu gerobak
Sebut saja namanya Anang,pemuda asli Rengel Tuban itu menuturkan pengalamannya kepada saya beralih profesi menjadi tukang Pentol cilok semenjak dia keluar dari pekerjaannya sebagai Pengepak udang Lobster.

Sambil menghisap Rokok kesukaannya,yang katanya bisa menghabiskan 1 jutaan sebulan hanya untuk kebutuhan rokok nya saja,bayangkan 1 jutaan sebulan hanya untuk membeli rokok !! berarti sehari dia bisa menghabiskan 3 pack rokok dengan kisaran harga 11,000 per pack nya.

" Hidup di kota besar kayak Surabaya saat ini sangat susah cak,kita harus pintar-pintar mencari celah usaha biar bisa menghidupi anak istri supaya dapur bisa mengepul." katanya dengan logat Surabaya yang khas,sembari melayani pelanggan setia nya yang rata-rata sebagian besar karyawan sebuah Mall kawasan Surabaya Utara.

Alasan dia memilih usaha seperti itu,karena dia ingin mengikuti jejak temannya yang sudah sukses duluan,dia pun akhirnya bertekad untuk banting setir menjadi Abang Tukang Pentol keliling, " Untuk modal awal aku pinjam dari orang tua cak,terus saya kembangkan hingga saya punya 10 anak buah dengan sistem komisi 25% dari hasil penjualan anak buah ku." tuturnya pada saya.

Selain Modal keuangan,dia menambahkan juga bahwa untuk menjadi Abang Tukang Pentol Keliling Modal Utama nya adalah Niat dan Menghapus rasa GENGSI. " Kalau sudah bisa menghapus rasa Gengsi,maka jualan pentol bisa di ambil untuk usaha,ya kalau tidak mau terjun langsung ambil aja anak buah dengan sistem komisi dengan bagi hasil 25% anak buah yang 75% untuk yang punya Modal."

Untuk menjaga kualitas rasa,agar pelanggan setia nya selalu membeli dia tidak mau mengurangi bahan bahan dari pentol tersebut terutama Daging Sapi, " Dalam Sehari biasanya saya menggiling daging sapi sampai 4 kg,itu hanya untuk saya saja dan belum termasuk bahan untuk anak buah saya." dia pun menambahkan " Ciri-ciri Pentol berbahan daging sapi dengan berbahan campuran daging Ayam terletak pada rasa dan warna dari pentol tersebut." Bila Berbahan Daging Sapi rasanya seperti kita makan daging sapi dan warna nya coklat sawo matang,dan bila bahan Daging sapi tersebut dicampur dengan Daging Ayam rasanya sudah berbeda dan sedikit agak kenyal,serta berwarna coklat keputih-putihan.

Saya pun bertanya,berapa omset mu dalam sehari ? Dengan senyum khas nya dia menjawab " Rata - rata omset per hari yang saya dapakan sekitar 500 ribu an cak" dia pun menghitung kalkulasi kasarnya 500,000 x 30 x 3 = 45,000,000 - 30,000,000 ( Modal 3 bulan ) = 15,000,000 laba bersih yang dia peroleh dalam 3 bulan jadi rata -rata dia mendapatkan keuntungan bersih 5 juta tiap bulannya,dan dia pun berjualan dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore sudah habis.

Ya begitulah perjalanan usaha yang dia lakukan sampai saat ini,saya yang sebagai sahabat,teman yang dulunya tidur setikar dan makan bersama merasakan bangga melihat dia sekarang sudah merasakan sukses berjualan pentolnya.

Apakah Anda ingin mengikuti jejak usahanya ?

0 komentar:

Post a Comment