Thursday 10 January 2013


Indonesia merupakan negara dengan pengguna BlackBerry terbanyak di dunia. Handset ini begitu menjamur, dan seringkali penggunanya masih terlalu awam untuk mengetahui seluk beluk BlackBerry lebih dalam. Artikel kali ini akan membantu para pengguna BlackBerry untuk lebih optimal menggunakan perangkat besutan RIM ini.
1. Gunakan keyboard lebih jarang dari biasanya
Tombol QWERTY dari BlackBerry memang memudahkan segalanya, namun ada banyak trik untuk menghemat penggunaannya. Salah satunya, menekan spasi dua kali di akhir kalimat bisa menghasilkan sebuah titik dan spasi untuk memulai kalimat baru, tentu dengan huruf awal kapital.
2. Penggunaan AutoText juga disarankan dengan penggunaan bahasa yang disesuaikan, karena dapat menyingkat waktu penulisan.
3. Huruf kapital
Tahan sebuah alfabet untuk merubahnya menjadi kapital.
4. Simbol pada kolom email
Pada kolom email, jika kita menekan spasi maka secara otomatis simbol @ akan menggantikan spasi tersebut.
5. Memblok tulisan dengan cepat
Ada perintah Select pada menu untuk melakukan hal ini, tapi akan lebih praktis lagi dengan menahan shift sambil melakukan proses scrolling.
6. Keyboard shortcut pada browser
Telah dijelaskan pada artikel x-phones yang lain.
7. Pilih antara dialling atau shortcuts
Pada menu Options > Phone Options > General Options, kita bisa merubah setting Dial From Home Screen ke Yes atau No.Jika pilih Yes, kita bisa mengetik nama untuk melakukan panggilan. Jika pilih No, kita bisa menggunakan keyboard untuk membuka aplikasi (contoh: M untuk email, B untuk browser, C untuk compose email, N untuk Messenger, L untuk Kalender, dan U untuk Kalkulator).
8. Nyalakan JavaScript
Untuk menghemat memori dan mempercepat loading halaman web, BB secara default mematikan JavaScript. Nyalakan untuk meload halaman dengan lebih baik.
9. Browser yang mana?
Ada 3 browser pada sebuah perangkat BB. WAP browser untuk melihat konten dari sinyal operator, BB HTML Browser, dan hotspot browser. Kita juga bisa merubah identifikasi browser ke Firefox atau IE untuk halaman-halaman tertentu agar membuka versi web-nya.
10. Kode warna pada pesan teks
Jika punya 2 email pada satu perangkat, kita bisa set warnanya supaya tampilan emailnya bisa dibedakan. Pilih Options > Security Options > Information > Message Outline Colours > Enterprise Messages atau Other Messages.
11. Menu multitasking
Tekan dan tahan tombol menu untuk memunculkan task switcher.
12. Lock handset
Beberapa BB punya 2 tombol di atasnya, tombol lock dan tombol mute, sementara yang lain hanya tombol mute. Untuk melock handset dengan satu tombol mute, tekan dan tahan saja tombol mute-nya.
13. Optimalkan tombol ekstra
Ada dua tombol ekstra di tiap sisi BlackBerry, yang salah satunya jika ditekan akan menyuarakan perintah "say a command". Gantilah fungsi dari kedua tombol tersebut untuk hal yang lebih sering digunakan.
14. Atur seberapa cepat trackball bergerak.
15. Shortcut aktivasi speakerphone
Mau aktifkan speakerphone? Tekan Menu > Activate Speakerphone. Mau matikan mode speakerphone? Tekan Menu > Activate Handset. Atau simpelnya gunakan tombol $ untuk menyalakan/mematikan mode speakerphone dengan cepat.
16. Voice command
Voice command jauh lebih berguna daripada voice dialling.
Layar informasi tersembunyi
Tekan Alt + Caps + H untuk menampilkan informasi BlackBerry Anda. Info apa saja? Silakan dicoba.
17. Archieve aplikasi, jangan uninstall
Ketika kehabisan memori untuk aplikasi, pilih aplikasi yang jarang digunakan dan masukkan ke archieve di microSD. Masuk ke App World, pilih My World, tekan Menu > Archieve. Aplikasi yang ada pada Archieve dapat diklik untuk reinstalling, namun hal ini membutuhkan restarting BlackBerry.
18. Manfaatkan mode auto on/off perangkat
Pilih Options>Auto On/Off untuk menentukan kapan handset Anda mati dan menyala secara otomatis.
19. Master Control Program
Gunakan aplikasi pihak ketiga misalkan MCP untuk melakukan tweak pada BlackBerry, seperti factory reset maupun install update. Jauh lebih mudah daripada BlackBerry Desktop Software.
20. Install aplikasi tanpa installer
Ada beberapa aplikasi yang tidak di-sign oleh RIM sehingga tidak memiliki installer. Untuk kasus seperti ini, masukkan file JAR aplikasi tersebut ke folder root. Kemudian pilih aplikasi Media pada BlackBerry untuk membuka foldernya, dan pilih JAR file itu untuk melakukan proses instalasi. (sumber : x-phone .com)

0 komentar:

Post a Comment