Thursday 10 January 2013

Langkah-langkah Membuat Hobi Menjadi Bisnis


Menjalankan hobi setelah aktifitas seharian di kantor memang menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Sebut aja melukis pada akhir pekan atau fotografi di waktu senggang bisa menjadi kegiatan yang dapat menghilangkan penat setelah bekerja.

Kadang terlintas di pikiran jika hobi Anda bisa menjadi pekerjaan sehari-hari, tentunya akan sangat menyenangkan. Namun sayang, tak semua orang beruntung mendapatkan kesempatan itu. Ada saja hambatan untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan hobi.

Lantas, bukan berarti Anda harus menyerah. Menurut British Columbia Women's Enterprise Centre (BCWEC), pada usia pensiun (di atas 45 tahun), banyak para perempuan yang kembali menekuni hobi, seperti menjahit atau membuat kue, lalu mulai menjadikannya bisnis kecil-kecilan.

Bahkan tidak jarang, banyak di antara mereka yang menjadikan hobi tersebut sebagai mata pencaharian. Memang tidak ada kata terlambat untuk mencoba bisnis. Apalagi, jika memiliki waktu senggang dan modal yang cukup. Siapapun Anda, baik pensiunan atau usia produktif, sebelum memutuskan memulai bisnis dari hobi, ada baiknya simak terlebih dahulu tips di bawah ini;

1. Menyelami Pasar
Sebelum memulai bisnis baru, ada baiknya Anda mencari tahu seperti apa target pasar bisnis Anda. Apakah pasar sasaran tersebut ada? Jika Anda tidak melakukannya, modal bisnis yang telah dikeluarkan bisa jadi akan sia-sia. Sekecil apapun bisnis Anda, membuat rencana bisnis sangatlah penting. Selain bisa mengenal pasar, Anda jadi tahu siapakah yang menjadi kompetitor bisnis dan akhirnya dapat menentukan harga jual yang cocok.

Walaupun Anda sudah paham mengolah hobi Anda, belum tentu Anda tahu tentang mengelola sebuah bisnis. Nah, jika Anda belum punya dasar mengelolanya, ada baiknya Anda mengikuti kursus singkat tentang bisnis atau berkonsultasi dengan pebisnis yang sudah sukses.

2. Pandai Melihat Peluang
Dalam berbisnis, tidak selalu dalam keadaan untung. Nah Anda harus bersiap jika usaha dari hobi Anda melesu. Harga bahan bakar minyak (BBM) dan sembako yang naik atau turun, bisa memberikan efek terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan. Karenanya, Anda harus sadar akan hal itu.

Apalagi, kondisi keuangan bisnis akan sangat dipengaruhi oleh beberapa hal tersebut. Salah seorang pensiunan yang memulai bisnis fotografi menyarankan, para pebisnis untuk selalu membuat investasi kecil di luar bisnis yang menjadi fokus utama, sehingga bisa saling menopang kelancaran dari bisnis yang dijalankan.

3. Jangan Terburu-buru
Jangan langsung paksakan diri untuk mencari keutungan sebanyak-banyaknya dengan mengambil order pekerjaan yang akan sangat menyita waktu pada saat bisnis Anda baru saja dimulai.

Sebagai pemula, pilihlah pekerjaan atau orderan yang ringan-ringan saja. Jangan membuat bisnis baru sesibuk pekerjaan lama Anda. Apalagi masih banyak hal-hal yang harus Anda pelajari terlebih dahulu.

Bagaimana, apakah Anda berencana untuk memulai bisnis yang merupakan hobi? Atau malah sudah ada yang memulai? (sumber: ciputra.com)

1 comment: