Friday 10 May 2013

Anda sangat ingin berbisnis, tapi Anda merasa tidak mempunyai keahlian dalam berbisnis. Lalu, bisakah Anda berbisnis tanpa memiliki kealian?

Manfaatkan segala potensi. Anda yang hobi memasak dapat membuka bisnis warung makanan.

Menjalankan sebuah bisnis merupakan perpaduan apik antara hobi, keterampilan, dan kemampuan yang memadai. Anda mungkin dapat memulai bisnis dari hal yang Anda sukai. Jika Anda suka memasak, gunakanlah keterampilan Anda untuk memulai sebuah bisnis kuliner. Atau jika Anda sangat mahir di bidang komputer, Anda bisa membuat kursus komputer untuk jenjang tertentu, misalnya. Dengan mengenali potensi dan hobi yang Anda kuasai, Anda dapat memulai usaha sederhana. Pastinya, karena Anda yang akan menjalankan bisnis tersebut, Andalah yang harus menentukan bisnis yang tepat dan cocok bagi Anda. Masalahnya, bagaimana jika Anda merasa tidak mempunyai keahlian apapun tapi tetap ingin membuka usaha? Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan.

Pelajari bisnis

Jika Anda memiliki keinginan dan keyakinan dapat menjalankan sebuah bisnis, pelajarilah seluk-beluk mengenai bisnis sebelum Anda memutuskan terjun ke dalamnya. Saat ini, keran informasi terbuka lebar. Anda dapat belajar bisnis dari buku, majalah, dan surat kabar. Anda juga bisa browsing di internet, mencari informasi mengenai bisnis sebanyak-banyaknya yang ingin Anda ketahui. Anda juga dapat mengikuti berbagai seminar bisnis yang kini semakin giat diadakan. Atau Anda dapat bergabung di berbagai jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog dan sebagainya dan menjalin pertemanan dengan berbagai kelompok pengusaha lewat forum dan milist. Lewat milist tersebut, Anda dapat belajar banyak dari para pengusaha yang sudah lebih dulu terjun ke berbagai bidang usaha. Jika Anda sedang down, mereka juga bisa jadi motivator yang efektif dalam melejitkan kembali semangat berbisnis Anda.

Manfaatkan potensi yang ada

Pebisnis ulung selalu memanfaatkan peluang dan potensi yang ada di dirinya. Karena mereka mempunyai keyakinan untuk sukses dan mau berusaha, mereka akan terus mencari peluang bisnis yang ada. Manfaatkan segala potensi yang Anda miliki yang dapat dijadikan sebagai lahan bisnis. Misalnya, Anda yang hobi memasak dapat membuka warung makanan seperti kedai bakso atau warung makan. Jadi, pastikan setiap bisnis yang Anda jalani merupakan sesuatu yang Anda sukai.

Yakinlah bahwa Anda bisa

Keyakinan bahwa Anda dapat melakukan sesuatu akan dapat menyuntikkan semangat Anda dalam menjalankan bisnis. Setiap orang mempunyai keahlian masing-masing. Bisa jadi, Anda tidak bisa merancang pakaian, tapi Anda mempunyai bakat dalam mengatur dan memasarkan pakaian. Jadi, jangan berkecil hati, tetap semangat.

Rekan kerja yang tepat

Jika Anda tidak mempunyai keahlian dalam berbisnis, mungkin Anda bisa bekerja sama dengan rekan atau kenalan yang mempunyai keterampilan dalam bidang tertentu. Dengan kerja sama tersebut, Anda tidak merasa berat dalam menjalankan bisnis. Pembagian tugas pun akan lebih adil dan jelas jika Anda melakukannya bersama dengan orang yang terampil dan Anda percayai.

Gunakan outsourcing

Namun, jika Anda mempunyai kelebihan modal dan tidak mempunyai rekan yang sesuai dengan yang Anda inginkan, mungkin Anda bisa menggunakan jasa outsourcing. Anda dapat menggunakan pekerja outsource yang berkualitas sesuai dengan standar Anda sehingga bisnis yang Anda impikan pun dapat berjalan.

1 comment: