Friday 10 May 2013

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Usaha?

Kapan waktu yang tepat untuk memulai usaha? Ada yang mengatakan, waktu yang tepat untuk berbisnis adalah “lima tahun yang lalu” sehingga kini Anda sudah merasakan buah dari usaha Anda.

Namun, jika Anda merasa dihinggapi penyesalan karena tidak dari dulu berbisnis, maka Anda dapat memulai usaha Anda sekarang. Lalu, bagaimana mempersiapkan diri Anda jika Anda harus memulai usaha dari sekarang?

Jika Anda menyesal kenapa tidak dari dulu berbisnis, kenapa tidak mulai dari sekarang?

Pertama, buatlah tujuan bisnis serinci mungkin.

Tujuan berbisnis membantu Anda menemukan apa yang ingin Anda dapatkan ketika menjalankan bisnis. Tujuan yang baik akan membuat Anda menjadi pengusaha sukses, tapi tujuan yang tidak jelas malah menjadi awal dari kehancuran bisnis Anda. Sebaiknya, dalam mendirikan sebuah bisnis, janganlah bercita-cita untuk mencari kekayaan dan kekuasaan semata atau sekadar merasakan menjadi bos. Akan tetapi, upayakan agar bisnis yang Anda jalani dapat membawa manfaat yang positif bagi Anda dan orang di sekitar Anda.

Kedua, tulislah semua ide usaha Anda.

Ide kadang muncul tak terduga, karena itu, segeralah catat ide tersebut. Namun, berilah batasan waktu dalam menuliskan ide-ide tersebut. Ide yang baik adalah ide yang dapat direalisasikan.

Ketiga, mensortir ide.

Buatlah ranking semua ide yang sudah Anda tuliskan berdasarkan ide mana yang dapat diwujudkan dalam waktu dekat. Susun skala prioritas dan pilihlah satu ide untuk diwujudkan. Kesuksesan itu tergantung dari usaha kita yang terus-menerus mewujudkannya.

Keempat, rancang action plan. Buatlah rencana aksi secara rinci untuk membangun sebuah usaha. Susun rencana, target, dan strategi sesuai dengan rentang waktu yang Anda inginkan sehingga dapat membantu Anda dalam menelusuri seberapa besar kegigihan Anda.

Kelima, mulai bergerak.

Jika semua langkah sudah Anda lakukan, perencanaan dan strategi sudah disusun, sekaranglah saatnya Anda mewujudkan ide usaha Anda. Lakukanlah sesuai dengan rencana aksi yang sudah Anda susun. Bila Anda mengalami kegagalan atau kesulitan, jangan pernah menyerah, revisilah tujuan Anda dan mulailah bersemangat kembali.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo bergerak!

1 comment: